Header Ads Widget

Laksanakan Deklarasi Damai, Bupati Mesuji Berharap Calkades Hindari Kecurangan

Laksanakan Deklarasi Damai, Bupati Mesuji Berharap Calkades Hindari Kecurangan

gentamerah.com // Mesuji –Seluruh calon kepala desa di Mesuji, Lampung diharapkan menjujung tinggi sportifitas berdemokrasi serta menghindari tindakan-tindakan curang selama masa pemilihan. Karena pilkades bertujuan untuk menghasilkan kepala desa pilihan masyarakat yang dapat menjadi pemimpin di desanya.

Harapan itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati H.Saply.TH., saat pelaksanaan deklarasi damai pemilihan Kepala Desa serentak se-Kabupaten Mesuji tahun 2019, di Balai Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji,  Senin(2/12/2019).

“Dan untuk masyarakat pemilih saya juga berpesan, agar menggunakan hak pilih anda sesuai dengan hati nurani dengan memilih calon yang memiliki kemampuan dan berintegritas untuk dapat membawa desa kearah yang lebih baik," kata Saply.

Menurutnya, kades terpilih akan memimpin pemerintahan desa untuk masa jabatan enam tahun kedepan, sebagai mana di maksud dalam undang-undang No 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan -peraturannya.

 Acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  tersebut, bertujuan melancarkan dan menciptakan suasana yang aman dan damai saat pemilihan serentak yang akan di laksanakan pada 12 desember 2019, di enam kecamatan, di Bumi Ragab Begawe Caram.

Sebanyak  73 calon kepala desa yang tersebar di 20 Desa di Enam Kecamatan di Kabupaten Mesuji. Diantaranya, Kecamatan Rawa Jitu Utara 3 Desa, Kecamatan Mesuji Timur 2 Desa, Kecamatan Mesuji 6 Desa, Kecamatan Tanjung Raya 3 Desa, Kecamatan Simpang Pematang 2 Desa, dan Kecamatan Way Serdang 4 Desa.

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Mesuji, Sunardi Sukau SE  mengatakan, tujuan diadakannya deklarasi ini yaitu untuk mendeklarasikan kesepakatan damai pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak di tahun 2019 ini.

Selain itu, untuk mensukseskan pemilihan kepala desa serentak tahun 2019 dengan menciptakan suasana tertib, aman, lancar dan damai.

"Agar seluruh calon kepala desa bersedia dan berkewajiban mentaati tata tertib pemilihan kepala desa ini dengan penuh rasa tanggungjawab. Para calon kepala desa mematuhi semua ketentuan pada setiap tahapan khususnya dalam pelaksanaan kampanye,"kata Sunardi.

Disamping itu, kepala desa dapat menjaga dan mengendalikan diri dan mencegah masa pendukungnya yang akan melakukan tindakan provokasi dan anarkis dalam berlangsungnya pemilihan. Dan para calon kepala desa siap untuk berjiwa besar dan berlapang dada dalam menerima keputusan apapun hasilnya nanti.

"Pilihan serentak kepala desa di tahun 2019 ini merupakan yang ke 4 kali nya sejak pertama kali dimulai dari tahun 2015 lalu. Saya juga meminta kepada setiap lapisan elemen masyarakat untuk menciptakan suasana aman, damai, dan tertib pada pemilihan serentak nanti,"tambahnya.



Penulis : Andi Sunarya
Editor : Riasto

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar