Breaking News

Oknum Guru SMAN 1 Terusan Nunyai Diduga Cabuli Eks Siswi Hingga Hamil, LSM PPD Minta Instansi Terkait Bertindak


Oknum Guru SMAN 1 Terusan Nunyai Diduga Cabuli Eks Siswi Hingga Hamil, LSM PPD Minta Instansi Terkait Bertindak

gentamerah.com // Lampung Tengah – Diduga berbuat cabul dengan mantan siswinya sebut saja Bunga (bukan nama sebenarnya) hingga melahirkan tanpa menikah, Berlin Simanjuntak, guru SMAN 1 Terusan Nunyai, Lampung Tengah nantang penegak hukum dan dinas terkait untuk melakukan tindakan. LSM PPD Provinsi Lampung yang menjadi kuasa hukum korban pencabulan meminta Dinas Pendidikan dan Inspektorat segera melakukan tindakan.

“Harusnya guru itu bisa menjadi tauladan, bukan malah merusak moral siswinya. Sudah salah dikasih tahu malah nantang. Bahkan sekarang dengan santai mengatakan kalau perbuatan itu dilakukan suka-sama suka. Ini guru tidak benar,” kata Ketua LSM PPD Provinsi Lampung, Muhidin Alexa Karaeng, Sabtu (21/12/2019).

Disayangkan, kata Karaeng, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan SMAN 1 Terusan Nunyai, Satriansyah, terkesan melindungi perbuatan guru yang diduga bejat tersebut. “Itu adalah urusan pribadi Pak Berlin Simanjuntak, bukan urusan sekolah,” kata muhidin menirukan perkataan Satriansyah.

 Pengakuan Berlin kepada kedua orang tua korban, bahwa jika ingin diminta pertanggungjawaban menikahi maka bersedia, tetapi tidak sanggup jika membiayai persalinan dan menafkahi korban. “Emangnya koban itu anak ayam, semaunya diperlakukan gitu. Mau nikahi ga mau membiayai persalinan,” kata Muhidin.

Muhidin meminta penagak hukum dan dinas terkait segera ambil tindakan. Karena jika dibiarkan  maka dikahwatirkan akan menjadi preseden buruk kedepan, palagi Berlin merupakan guru yang berstatus pegawai negeri.

 BS, paman korban  mengatakan,  tidak mungkin menikahkan keduanya karena berlainan kepercayaan. “Bukan saja masalah akidah yang berbeda, tapi dengan sifatnya yang seperti itul, kami juga tidak mau punya menantu yang bejat tidak bermoral. Kenapa guru seperti itu masih saja dipertahankan. Sekolahnya juga membela, apa ini artinya,” kata dia.

Menurutnya, keluarga korban bersama kuasa hukumnya akan melakukan upaya hukum, dan mengadakan pengaduan ke intansi terkait. “Kami akan lapor ke dinas  pendidikan Provinsi Lampung, BKD , ispektorat, lembaga perlindungan perempuan dan anak. Karena pihak sekolah tidak ada kepedulian sama sekali,” ujarnya.





Penulis : Detha.K
Editor : Riasto

0 Dilihat

21 komentar

Data Siswa mengatakan...

saya rasa terlalu berlebihan berita ini, ini adalah tindakan asusila bukan cabul. dan juga benar apa kata satriansyah atau kepala sekolah tersebut. itu adalah urusan pribadi karena mereka melakukannya diluar sekolah, dan jg murid tersebut tanda kutip mantan murid berarti sudah lulus atau sdh tidak sekolah ? berarti itu fix urusan pribadi

Anonim mengatakan...

ha? berlebihan kata anda?
seorang guru matematika yang juga kepala sekolahnya bahkan melakukan tindakan pencabulannya saat siswa tersebut masih duduk di bangku SMA
dan spt itu dibiarkan?
ooh pantas saja skrg sudah krisis moral bahkan oleh akademisi nya sendiri, muridnya sendiri loh itu..
gak habis pikir saya yg kayak gini dibilang berlebihan? naudzubillahimindzalik
bukannya ditindaklanjuti dengan tegas malah dilindungi
apa jangan2 ada banyak oknum guru yg seperti itu juga? makanya dianggap biasa aja
ckckckck degradasi moral ..memalukan 🤦

Anonim mengatakan...

Menurut sy ...apabila bner mereka sudah mempunyai anak alangkah baiknya klo masalah ini di selesaikan secara kekeluargaan ..kasian anak yg tak berdosa itu ...semoga allah memberikan jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan ini..dan kepada keluarganya selalu dalam perlindungan allah ..aamiin yra

Anonim mengatakan...

kasihan orangtua korbannya
stress banget itu pasti
kok tega ya gurunya gitu
ckckckck
gak mikir apa kalo itu terjadi pada anaknya sendiri , dia kan punya anak perempuan juga

Anonim mengatakan...

saya rasa berita ini terlalu di lebih lebih kan. apakah ini termasuk kategori pencabulan? jelas bukan, karena bukan di bawah umur,pencabulan itu dilakukan pemaksaan dan cuma sekali.lagi pula orang tua korban sampai tidak tahu anak tersebut hamil bahkan sampai melahirkan. apakah ada tindak kasus pemerkosaan? seperti nya dari berita yang saya dengar tidak ada kekerasan. lah wong iki dari jadi murid sampai lulus masih berhubungan berarti benar suka sama suka. ya sebenarnya memang tidak panas seorang guru sebagai pendidik seperti itu, tapi yang pintar adalah yang membuat berita. sangat di sayangkan sekali, justru dari alumni sekolah nya yang malah membantu mengshare berita ini. terbalik cara berfikir nya. mereka tidak sadar bahwa menjatuhkan almamater nya sendiri .

Anonim mengatakan...

hbs stalking ig si cewe, dari postingannya ya terlihat suka sama suka, apalagi si cewe kalau posting tag ignya ob. dan itu postingan nya sudah dari 2018. benar kata nya ini adalah bukan urusan sekolah, kalo di fikir lagi mereka melakukan hubungan bukan di sekolah, dan hamil lalalu melahirkan tepat nya setelah lamanya lulus dari SMA, bukan lulus langsung hamil. sebenarnya salah keduanya, lebih baik diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

Anonim mengatakan...

dgr2 sie ob sudah mau nikahin si cewex, tapi sama ortu cewek gak setuju. berarti judule cinta tak di restui

Anonim mengatakan...

Wartawan ini yang namanya muhidin ini kan yang suka datang ke sekolah2 memeras kepala sekolah dan menakut nakuti sekolah?
Kalau ada isu miring selalu datang ke sekolah dan meminta uang kalau gak mau berita atau isu di tulis di berita online.
Kalau saya berharap aparat cepat bertindak meringkus wartawan ini.
Tindakannya sudah membahayakan keamanan dan kenyamanan sekolah di lampung tengah.

Anonim mengatakan...

mikir sii pake otak, kalo dah dari lama kejadiannya berarti pihak sekolah ngapain aja selama ini?? guru gurunya diem aja? tau itu salah? hellooo guru itu tugasnya bukan cuma ngasih nilai di rapor tapi memperbaiki akhlak dan adab murid jadi lebih baik. berarti sangat jelas ini gagal pihak guru dan sekolahnya gagal mendidik muridnya ..malah muridnya jadi rusak gara2 gurunya sendiri..
mirisnya lagi malah ditutupin

Anonim mengatakan...

ya ga mungkin lah ortu si cewek setujuin
coba aja dibalik pak/bu
situ punya anak perempuan trus dizinahi sama guru sekolahnya, yang ada marah bukan ngerestuin
mana ada korban zina mau dinikahin sama pezinanya
yg ada semua kesel
kok anehh sihh

mohon maaf , mereka juga beda keyakinan

Anonim mengatakan...

duh pak pak, ngurusin masalah yg ini saya rasa jauh lebih penting daripada malah plauing victim
kok malah keluar dari topik
ketara banget, panik tah? takut karna perilaku bejat gurunya sendiri?
sudah tau salah ya harus berani bertanggungjawab dong..
guru seperti ini bakal jadi virus di sekolah.. bisa menular penyakit berbahaya..
justru ini orang yg sebenar2nya berbahaya bagi sekolah
kalau dibiarkan , tidak segera ditangkap, bukan tidak mungkin akan ada banyak murid lain yang jadi korban.
yang rugi siapa? ya sekolah itu pastinya.. muridnya jadi rusak masa depannya, nama baik sekolah pun jadi tercoreng
heran loh saya, kok orang menganggap remeh masalah penting kayak gini
yaah mungkin karna udah biasa ngelakuin maksiat jadi ngeliat maksiat kayak gini biasa aja dianya trus malah risih kalo mau dibenerin
hadeeeh urang kudu kumaha ya Gusti... do'akan wae lah yaa

Anonim mengatakan...

#typo
"playing victim"
bukan
"plauing victim"

Anonim mengatakan...

kok anaknya mau di pacarin sama guru? terus mau lagi di ajak berhubungan badan. kalo pun memang anaknya baik2 pasti sudah di adukan dari lama ke orang tuanya. kalo diem2 aja namanya nafsu sama nafsu.

Anonim mengatakan...

menurut sy, tdk spnuh nya salah ob. ob duda. dia suka pada siapa itu hak dia. kebetulan sj murid ny mau di ajak berpacaran. harusnya bertanya kpd orng tuanya,mengajari dan menjaganya bgmna. knp anaknya mau di ajak zina. zina ya bukan tindak pemerkosaan.

Anonim mengatakan...

laki2 duda iseng godain murid nya, taunya si murid tergoda. salah dua2 nya 😜😜

Anonim mengatakan...

jgn suruh pihak sekolah aja yg mikir. ortunya juga harus mikir. kenapa anaknya di ajak pacaran mau, sampe zina lagi. astaghfirullah. gak ada sangkut pautnya sama sekolah, anaknya mau kok disalahin sekolah nya .

Anonim mengatakan...

HAHAHA iyaa tuh, harusnya sadar masing2 . dua2 nya salah

Anonim mengatakan...

hoax neh berita..jgn di lebih2 kan dong, cari duit ya? 😂

Anonim mengatakan...

wkwkwk lucu sih baca komentarnya
kenapa pak? takut ya ketangkep? udah telanjur kesebar aib nya?
lah kalo udah tau duda, gatel sama murid, apa ya pantes didiemin? Tenaga Pendidik kok kayak gitu? trus selama ini pihak sekolah diem aja ? ckckck emang udah turun moralnya..
GURU itu gak cuman ngasih nilai, harusnya mampu bertanggungjawab dengan perubahan akhlak murid jadi lebih baik.
itu banyak loh korban lainnya.. belom kebongkar aja wkwkw
kasian amat..
dahlah, nikmati aja karma itu berlaku :))

Anonim mengatakan...

kok kepala sekolah nya diem aja ya? kok guru guru nya diem aja ya? kok wakasiswa nya diem ajaa yaa?
padahal udah tau watak salah satu gurunya si ob itu BEJAD kayak gitu ke murid
malah dibiar biarkan ?
ini ada yang aneh, rusakkk sistem pola pendidikan moral sekolahnya
itu si korban anak baru pindahan, mana dia tau kalo si ob guru KANJI yang udah sering godain muridnya
harusnya kan sebagai GURU, senior pula, dan kepala sekolah, bisa TEGAS, kasih peringatan bahkan kalau perlu dikeluarkan lah guru virus selangkangan kayak gitu
eneg banget dah saya ketemu muka muka guru yang kayak gitu hadeeeehhhhhhhhhh

Anonim mengatakan...

yaelah pak
murid dan keluarganya juga punya HAK kelessss
ortunya korban ya jelas lah punya hak sepenuhnya terhadap korban
masa iya sih seorang guru gak ngerti gimana caranya mendidik murid, apa saja batasan pengajaran di sekolah? kok bisa bisanya mendekati, menggoda, sampai menzinahi muridnya sendiri?
itu otaknya dimana ya? gak di kepala kayaknya, di selangkangan

Hubungi Kami