Breaking News

Sekjen DPP-PWRI : Wartawan Harus Bisa Menulis Berita, Paham Jurnalistik

Sekjen DPP-PWRI : Wartawan Harus Bisa Menulis Berita, Paham Jurnalistik

gentamerah.com // Lampung Utara – Seorang jurnalis harus disiplin dan tertib. Tiga hal yang wajib dipahami seorang jurnalis, sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Menurut Sekretaris Jendral (sekjen) DPP-PWRI, Zulfikar Taher, SH, S.Pd.I, tiga hal tersebut, skills atau kemampuan, selian itu wartawan harus memiliki knowledge dan attitude yang baik. Knowledge, memahami bidang liputan atau menguasai topik berita yang ditulisnya serta menaati kode etik jurnalistik serta  Attitude, menaati kode etik jurnalistik atau etika pemberitaan.
  
Zulfikar mengungkapkan hal itu saat mengunjungi sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PWRI Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Minggu (12/01/2020). Sekaligus menyerahkan Surat Keputusan(SK) kepengurusan DPC-PWRI Lampura dan Kartu Tanda Angota  (KTA).

“Jurnalis harus memahami apa itu jenis-jenis tulisan dalam jurnalistik. Terkadang opini dikatakan berita, mengapa begitu, ya karena tidak mengerti," ujarnya.

Menurutnya, wartawan harus bisa menulis, karena saat ini banyak wartawan tidak bisa menulis berita,  karena  tidak memahami tugas seorang jurnalis.

Kepala Dinas Kominfo Lampura,  Sani Lumi yang menghadiri acara tersebut meminta seluruh organisasian kewartawanan yang ada di Lampung Utara dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan saling berkomunikasi dengan baik. “Wartawan itu adalah mitra kerja pemerintah,” kata dia.

Bahromi Saad, Ketua DPD-PWRI Provinsi Lampung meminta, DPC-PWRI Lampung Utara bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, mendukung pembangunan danprogram-program pemerintah daerah.




Penulis : Gian Paqih
Editor : Seno

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami