Breaking News

Gunakan Program JSPS, Bupati Lamteng Jamin Warga Tidak Mampu Berobat Gratis

Gunakan Program JSPS, Bupati Lamteng Jamin Warga Tidak Mampu Berobat Gratis

gentamerah.com // Lampung Tengah- Pemimpin yang bertanggungjawab dapat memberikan solusi dan tidak membiarkan warganya yang tidak mampu dibiarkan sakit tanpa da pertolongan yang cepat. Program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS) yang dicanangkan Pemkab Lamung Tengah memberikan prioritas pelayanan kesehatan untuk memudahkan masyarakat dengan cara menjemput langsung pasien dibawa ke rumah.

“Ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk mengurus warga yang tidak mampu atau keterbatasan keuangan yang ingin berobat.Pemimpin itu sudah seharusnya tidak mebiarkan mereka yang  tidak mampu berobat  dan membiarkan penyakit yang diidapnya karena keterbatasan biaya,” kata Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto, saat mengunjungi salah satu warganya yang sedang sakit.

Loekman mengatakan, program kesehatan itu  untuk memberikan prioritas pelayanan kesehatan untuk memudahkan masyarakat dengan cara menjemput langsung pasien ke rumah.

" Pasien yang kita jemput sebelumnya telah diidentifikasi oleh RT/RW atau pihak lurah kecamatan dan Dinas Kesehatan. Mereka adalah warga yang menderita sakit dan dari keluarga tidak mampu yang akan kita fasilitasi untuk berobat di RSUD Demang Sepulau Raya,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, dr Otnil mengatakan, dinkes telah memberikan pelayanan yang baik bagi warga tidak mampu untuk berobat. “Kita dapat laporan dari Forkopincam Kota Gajah, salah seorang warga ada yang terkana kanker, tapi ekonominya tidak mampu. Maka kemudian kami membawa ibu  Paryari (60), Warga dusun Kota Sari II kampung Kota Gajah Barat Kecamatan Kota Gajah, penderita penjalaran kangker payu dara hingga pembesaran taggan sebelah kiri itu ke rumah sakit, diberikan layanan gratis,” kata dia.

“Kami bawa ke rumah sakit. Selama ini lantaran keterbatasan biaya pihak keluarga hanya memberikan perawatan dan pengobatan alternatif atau tradisional,” kata kadis Dinas kesehta

Biaya pengobatan dan perawatan, lanjut Dr. Otnil, ditanggung oleh Pemkab Lampung Tengah melalui program
“ Semoga perawatan dan pengobatan berjalan lancar dan anak yang diobati segera lekas sembuh. Masih ada beberapa masyarakat yang kurang mampu dan sakit. Sesuai perintah bupati akan kami fasilitasi pengobatannya,” pungkas Dr. Otnil 

Selain Paryani adapun Sella Oktafiani usia 7 Tahun yang mengalami sakit kelumpuhan, Amelia Nuranggraini yang mengalami sakit Hidrosefalus yang juga akan di tanggani secara khusu oleh tim kesehatan Lamteng.


Penulis : Fahrur Rozi
Editor : Seno



0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami