Breaking News

Hadiri RSAPPST, Bupati Lampura Beri Dua Solusi Atasi Stunting

Hadiri RSAPPST, Bupati Lampura Beri  Dua Solusi Atasi Stunting

gentamerah.com // Lampung Utara – Dua solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan stunting, dengan intervensi spesifik dan intervensi sensitive. Melalui rembuk stunting diharapkan dapat semakin bersemangat dalam memberikan kontribusi terhadap solusi penanganannya.

“Dua sulusi itu, Intervensi spesifik diarahkan untuk mengatasi penyebab langsung masalah stunting, sedangkan intervensi sensitif diarahkan untuk mengatasi penyebab tidak langsung yang menjadi akar masalah dan dampak jangka panjangnya,” kata Plt. Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M. saat menghadiri Rembuk Stunting Aksi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi (RSAPPST) Kabupaten Lampung Utara , di Aula Dinas Pertanian Kabupaten setempat, Selasa (10/03/2020).
.
Menurutnya, Intervensi spesifik berupa imunisasi, program pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita serta kegiatan penanganan gizi secara langsung. Intervensi sensitif dilakukan oleh sektor non kesehatan, antara lain penyediaan air bersih, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, yang sasarannya adalah masyarakat umum.

Secara tidak langsung, kata Budi Utomo, stunting disebabkan lingkungan kesehatan yang buruk. Oleh karena itu kegiatan peningkatan kebersihan harus lebih digalakkan. Seperti Jum'at bersih, pemberantasan sarang nyamuk, pembuatan lubang biopori, septic tank komunal, sumur bor, selokan dan drainase untuk mendukung kesehatan lingkungan masyarakat.

"Gangguan kesehatan pada bayi yaitu stunting atau tubuh pendek akibat kurang gizi kronik. Balita dan baduta (Bayi dibawah usia dua tahun) yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal, menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit dan nantinya di masa depan dapat beresiko pada menurunnya tingkat produktivitas,” katanya.

Stunting secara luas akan dapat menghambat pertumbuhan ekonomi, menaikkan tingkat kemiskinan dan memperlebar ketimpangan, karena itu permasalahan stunting harus ditangani secara serius untuk menghindari hilangnya sebuah generasi.



Penulis : Gian Paqih
Editor : Seno

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami