Breaking News

Harapkan Peningkatan Ekonomi, Arah Kebijakan 2021 Waykanan Masih Prioritaskan Infrastruktur

Harapkan Peningkatan Ekonomi, Arah Kebijakan 2021 Waykanan Masih Prioritaskan Infrastruktur
CAption: Bupati Wayakanan, Raden Adipati Surya

gentamerah.com // Waykanan – Kebijakan Pembangunan Waykanan tahun 2021 masih diarahkan pada upaya pengembangan infrastruktur, dengan harapan dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi,  kemajuan sosial budaya, dan lingkungan.

“Dibidang ekonomi, kita harus mengembangkan produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,”  kata Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, saat membuka pelaksanaan Musyawarah pembangunan pertanian (Musrenbangtan), di Hotel Sinar, Kecamatan Blambanganumpu, Kamis (05/03/2020).

Adipati menjelaskan,  Musrenbangtan dilaksanakan berdasarkan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.

Harapannya, dengan adanya Musrenbangtan dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan khususnya bidang pertanian, baik yang memerlukan dukungan pendanaan APBD, APBD Provinsi, maupun APBN dan juga APBKam (Kampung).  Sehingga pelaksanaan Musrenbangtan ini dapat menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel,  yang akan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan pertanian pada tahun 2021.

Adipati menjelaskan, Revitalisasi kebijakan pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas dan nilai tambah hasil pertanian melalui pengembangan produk unggulan daerah. Dalam rangka mengimplementasikan misi Waykanan, maka Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan akan mewujudkannya berbagai program.

Program tersebut, mengembangkan komoditas pertanian unggulan (baik tanaman pangan, hortikultura dan peternakan) yang berdaya saing dan berkelanjutan. Mewujudkan masyarakat pertanian yang maju dan berdaya saing dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui pemanfaatan potensi pertanian dan peternakan secara optimal.

Mewujudkan SDM dan kelembagaan petani yang profesional, unggul dan berdaya saing melalui penguasaan teknologi pertanian dan peningkatan kualitas SDM.



Penulis : A.Kuntar
Editor : Kancha Raja

0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami