Breaking News

Persiapkan Diri Hadapi Bencana Alam, Polres Lampura Gelar Apel Bersama Instansi Terkait

 

Persiapkan Diri Hadapi Bencana Alam, Polres Lampura Gelar Apel Bersama Instansi Terkait

gentamerah.com // Lampung Utara - Guna mengantisipasi   kemungkinan bencana alam yang terjadi saat musim penghujan dan pencegahan Covid 19, Polres Lampung Utara bersama TNI dan  instansi terkait menggelar apel siaga bencana di halaman Mapolres setempat.

"Hari ini kita melaksanakan apel bersama TNI Polri dan pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara sebagai upaya  persiapan antisipasi terjadinya bencana alam di kabupaten kita  di tengah pandemi covid 19 yang belum tahu  kapan akan berakhir," kata Bupati  Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE, MM saat menyampaikan  amanatnya di mapolres setempat, Jumat (20/11/2020).

Dijelaskannya, dengan  dihadapkan pada potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor  tersebut juga telah diingatkan oleh badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG). "Karena sekarang ini juga sedang berlangsung fenomena yang berdampak pada peningkatan curah hujan,"katanya.

 Budi Utomo meyampaikan peringatan dini potensi bencana hidrometeorologi,  harus direspon dengan menyiapkan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir risiko bencana, termasuk mengantisipasi terjadinya kelas terbaru penyebaran covid-19 ditengah bencana alam yang sedang mengintai.

"Dalam beberapa bulan kedepan, sejumlah langkah yang bersifat permanen dalam penanggulangan bencana seperti perbuatan talut dan tanggul yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Lampung Utara saat ini belum dapat terlaksana secara menyeluruh, mengingat langkah-langkah yang bersifat permanen tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang dan dana yang besar,"kata dia.

Orang nor satu di Lampura itu memgaku sudah memberi tugas kepada  satuan perangkat kerja (SKPD), berkaitan dengan  tanggung jawab dan penyelanggaraan pelaksanaan penanggulangan bencana.

"Sehingga mitigasi lanjutan harus terus dilakukan dengan menyiapkan rencana cadangan yang sesuai dengan kondisi kedaruratan covid 19, “ ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lampung Utara, AKBP Bambang Yudho Martono, S.I.K., M,Si. menjelaskan, bahwa pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan itu sebagai wujud nyata kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam dan pencegahan Covid 19.

"Memasuki musim penghujan seperti saat ini, potensi terjadinya bencana alam sangat besar. untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sedini mungkin,"katanya.


Penulis : Gian Paqih

Editor : Seno


0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami