Breaking News

Jika Ingin Berhasil Budidaya Ikan, DKP Mesuji Beri Trik dan Koncinya

 

Jika Ingin Berhasil Budidaya Ikan, DKP Mesuji Beri  Trik dan Koncinya

gentamerah.com // Mesuji -  Tatakelola atau manajemen  adalah kunci dari setiap usaha budidaya termasuk budidaya ikan air tawar. Budidaya ikan tidak bisa dilepaskan begitu saja tanpa diimbangi dengan pembinaan dan bimbingan.

 Demikian disampaikan  Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  Kabupaten Mesuji, Sean Guritno. S. St. Pi,  dalam acara Pelatihan Budidaya Ikan dan Pemijahan  yang diikuti Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) pada  kamis (17/12/20). 

Acara  yang digelar di Balai Benih Ikan Air Tawar Mesuji di Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya itu, diikuti oleh  Ketua dan anggota Pokdakan dari beberapa desa di wilayah Kabupaten Mesuji .

Menurut Sean, kegiatan budidaya ikan tidak bisa dilepaskan begitu saja tanpa diimbangi dengan pembinaan dan bimbingan terutama terkait tatakelola  sebab kunci keberhasilan terletak  di sana.

“Semua harus dimanajemen, baik  pakan, air, penanganan  penyakit  juga  pemasaran,” kata Sean.

 Kepala Balai Benih Ikan Lokal Mesuji ini mengungkapkan , sebagai upaya terus meningkatkan kemampuan  managemen kelompok budidaya di lapangan, sejauh ini, DKP Mesuji  terus melakukan pembinaan dalam bentuk  pelatihan atau studi lapang.

“Bahkan Balai Benih ini juga bisa dijadikan sarana untuk belajar bersama terkait semua hal yang berkenaan dengan pola berbudidaya,”tambahnya.

Salah satu pemateri pada pelatihan ini, Sukimin,  S.Pi,  mengatakan meningkatkan pengetahuan adalah modal penting yang harus terus ditingkapkan oleh  Pokdakan sebagai ruh berbudidaya.

“Prinsipnya saling menularkan ilmu untuk keberhasilan bersama,” ujar Sukimin.

Sementara Samsudin, Ketua Pokdakan Sido Makmur, Kecamatan Mesuji  yang ikut dalam kegiatan ini mengaku sangat terbantu oleh pelatihan ini. Ia  juga berharap, ke dapan,  DKP juga bisa terus meningkatkan pembinaan semacam ini.

“Sangat terbantu, Mas. Ini ‘kan sama dengan sekolah. Kalau kita rajin mengikuti dan melaksakan setiap hasil pelatihan, mudah-mudahan lama-lama makin pintar dan bisa panen dengan sempurna,” selorohnya.

Penulis ; Andi

Editor : Nara


0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami