Breaking News

Tinjau Kawasan Perdesaan, Kadis PMDT Lampung Yakini Mesuji Jadi Contoh Nasional

 

Tinjau Kawasan Perdesaan, Kadis PMDT  Lampung Yakini Mesuji Jadi Contoh Nasional

gentamerah.com // Mesuji –Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (DPMDT)  Provinsi Lampung, memiliki Empat program-program prioritas. Hal tersebut sesuai SK Menteri Desa, tentang penetapan kawasan Perdesaan dan Transmigrasi. Dimana, Mesuji ini dijadikan sebagai kawasan Agropolitan.

Keempat program itu,  Pengentasan Desa Sangat Tertinggal dan Desa Tertinggal,  Desa Cerdas atau Smart in Des, Pemanfaatan Pengembangan Kawasan Perdesaan dan Pengembangan, Pemanfaatan Kawasan Transmigrasi

Hal itu terungkap saat Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (DPMDT) Provinsi Lampung, Dr. Zaidirina.SE.Msi, mengunjungi dua Kawasan yang ada di Kabupaten Mesuji, Rabu(16/12).

Kunjungan kadis DPMDT didampingi  Kepala Bidang Ketransmigrasian M. Arifin, S.Sos, M.Si., Kasi Kemitraan Masyarakat Desa dan Kawasan Perdesaan Helda Destiyana SH, MMm.,Dirut BUMD LJU, Bambang Mursalin.,Dirut BUMD Wahana Rahardja Bolly Iskandar., Tenaga Ahli Madya Ibnu 

Kunjungan kerja itu, selain untuk memenuhi jadwal kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, juga  mensosialisasikan program-program prioritas yang ada di DPMDT Provinsi, sekaligus meninjau Pasar  Kawasan Perdesaan dan Transmigrasi, serta melihat lokasi Rice Milling Plant (RMP), Desa Religi, Bumdesma Kawasan Perdesaan, dan Transmigrasi. 

"Jadi, sesuai SK Menteri Desa, tentang penetapan kawasan Perdesaan dan Transmigrasi. Dimana, Mesuji ini dijadikan sebagai kawasan Agropolitan, eksted lumbung pangan dan sentra pertanian. Untuk itu, kami melihat potensi ekonomi apa saja yang ada di Mesuji ini untuk kita kembangkan dan kita bawa ke tingkat nasional nantinya,"kata Mantan Komisaris Bank Lampung itu .

Menurutnya, Kabupaten Mesuji merupakan Daerah yang istimewa. Sebab, memiliki dua kawasan sekaligus, yakni kawasan Perdesaan dan Kawasan Transmigrasi.  Kawasan Pedesaan terdapat  10 desa dan Kawasan Transmigrasi ada 26 desa yang potensinya sangat luar biasa. 

“Hal ini sudah menjadi perhatian  Kemendes PDTT-RI. Mesuji ini merupakan salah satu Kabupaten yang Istimewa, mengapa saya katakan demikian? Karena Mesuji memiliki dua kawasan sekaligus, dimana hal ini yang jarang ada di Daerah lain,” ujarnya.

Karena keistimewaannya itu, kata Zaidirina, pada tahun 2021-2024 mendatang  Kemendes PDTT-RI sudah menyiapkan anggaran, salah satunya untuk membangun kedua kawasan yang ada di Mesuji. "Kesan yang bisa saya sampaikan untuk Mesuji, diusianya yang baru 12 tahun kabupaten ini sudah maju, dan kedepan saya optimis  bisa lebih maju lagi, menjadi daerah yang mandiri serta bisa menjadi contoh untuk kabupaten lain, baik yang ada di Provinsi Lampung maupun ditingkat Nasional,"Tandasnya.

Turut mendampingi rombongan dinas Provinsi Lampung tersebut, Kadis PMDT provinsi beserta rombongan meninjau kawasan Perdesaan dan Transmigrasi yang ada di Kecamatan Mesuji Timur, Kepala Dinas PMD Mesuji Sunardi Nyerupa.SE., bersama Kadis Pertanian Pariman.SP., Kadis Koperasi Drs.Basis Sabki, dan Camat Mesuji Timur Tarbin Putra SH.

Penulis : Andi

Editor : Nara


0 Dilihat

Tidak ada komentar

Hubungi Kami