Header Ads Widget

Pertukangan di Desa Terpencil Pesawaran Terbantu Dengan Masukanya Listrik PLN

 

Pertukangan di Desa Terpencil Pesawaran  Terbantu Dengan Masukanya Listrik PLN

Gentamerah.com || Pesawaran-- Desa Terpencil di Kabupaten Pesawaran, Provinsi lampung saat ini sudah tidak gelap lagi, pasalnya sudah 12 tahun lamanya penerangan listrik dari PLN masuk ke desa pemekaran yang berada di Kecamatan Kedondong. 

Sekertaris desa Harapan Jaya, Latif mengatakan, bahwa sebelumnya desanya tersebut merupakan desa pemekaran. 

"Desa Harapan Jaya ini, merupakan desa pemekaran dari Desa Sinar Harapan pada tahun 2014 lalu. Nah, Listrik masuk ke desa kami  sebelum di mekarkan, ya kurang lebih sudah 12 tahun," katanya, Saat di temui di Kantor Desa Harapan Jaya, Selasa (23/2/2021) 

Untuk luas wilayah, lanjut sekdes, sekitar di atas 500 hektar dan ratusan kepala keluarga yang berada di desa sinar harapan. 

"Luas wilayah desa kami 650 Hektar dan Jumlah kepala keluarga  375 KK," Ucap Latif

Sebelum masuk Listrik, Latif menjelaskan, masyarakat yang bekerja di pertukangan khususnya masih manual bila menghaluskan dan meratakan kayu. 

"ya, dulu tukang di sini kerjanya masih manual, walaupun ada tenaga surya tapi di gunakan pada fasilitas umum bila untuk di pertukangan dan penerangan rumah saja tidak kuat. Jadi masyarakat untuk menerangi rumahnya dengan lampu sumbu yang yang berbahan bakar dari minyak tanah (lampu totok) ," Ujarnya

Latif sangat bersyukur sekali karena di desanya saat sudah terang, tidak dalam keadaan gelap lagi. 

"Listrik masuk ini alhamdulillah, karena membantu benar ke masyarakat,"Ucapnya.

Penulis : Seno


Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar