Header Ads Widget

Bupati Lampura Harapkan Karang Taruna Menjadi Motor Penggerak Genarasi Muda

Bupati Lampura Harapkan Karang Taruna Menkadi Motor Penggerak Genarasi Muda


Gentamerah.com || Lampung Utara – Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian,dan  pertanian.

"Mari kita bekerja sama, bergandengan tangan untuk bersama-sama mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, yaitu menjadikan Kabupaten yang aman, agamis, maju dan sejahtera,” kata Bupati Lampung Utara, Budie Utomo, saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lampung Utara masa Bhakti 2021-2026, GOR Stadion Sukun Kotabumi Lampung Utara, Minggu (28/03/2021).

Budi Utomo mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif. Dengan demikian, Karang Taruna harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

"Perlu dipahami, Pemerintah telah menuangkan aturan yang mendasari terbentuknya Karang Taruna. Dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat," katanya.

Menurutnya, Karang Taruna harus dapat mengimplementasikan aturan yang telah ada di masyarakat,  harus mampu menunjukkan beberapa fungsinya sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda, dan senantiasa bersinergi serta sekaligus menjadi mitra dengan Pemerintah Daerah, dalam hal peningkatan pemberdayaan potensi pemuda.

"Pemerintah menyadari, tanpa andil dari masyarakat, termasuk andil dan peran dari Karang Taruna, maka mustahil permasalahan sosial dapat kita tangani dengan baik dan optimal. Karena itu, seluruh potensi dan SDM kaum muda harus bersatu padu berbuat yang terbaik, serta mampu mengikuti kecepatan derasnya arus perubahan zaman," ujar dia.

Dijelaskannya, sekarang ini bukan lagi persoalan “Negara Besar" menguasai “Negara Kecil”, tetapi “Negara Cepat” menguasai “Negara Lambat”. Terlebih ditengah keterpurukan dunia akibat pandemi Covid-19, maka sangat diperlukan kecepatan dan kepekaan dalam menangkap sebuah peluang, dengan menyingkirkan semua hambatan-hambatan. 

Dalam acara pengukuhan tersebut juga diadakan pemberian bantuan sembako secara simbolis oleh Bupati Lampung Utara dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Utara.

Acara tersebut turut dihadiri, Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, Dendi Romadhona S.T., M., Tr.I.P., Ketua Karang Taruna Kabupaten Lampung Utara, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung diwakili Kabid Pemberdayaan Sosial, Para Ketua Karang Taruna Kabupaten Se-Provinsi Lampung. 

Laporan : Gian Paqih

Editor : Seno


Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar