Header Ads Widget

Dapat Kucuran DAK 10,9 Milyar, Disdikbud Lampura Akan Lakukan Lelang

 

DAK

Gentamerah.com || Lampung Utara - Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Lampung Utara mendapatkan glontoran dana alokasi khusus (DAK) dibidang fisik bersumber dari APBN tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 10.9 Milyar. Pekerjaan proyek tersebut akan menggunakan sistem lelang.

"Ya pada tahun anggaran 2021 ini, disdikbud Lampura mendapatkan bantuan DAK dibidang fisik sebesar Rp. 10.923.074.000, dana DAK dibidang fisik tersebut diperuntukan untuk pendidikan anak usia dini, sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama,"kata kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, DRS. Mat Soleh, M.P.d didampingi kasi pengembangan kelembagaan sarana dan prasarana bidang sekolah dasar, Edyson ST.,MT sekaligus PPTK kegiatan fisik DAK tahun anggaran 2021. Saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu (09/06/2021).

Adapun besaran DAK fisik bidang pendidikan yang diterima Lampung Utara tahun ini sebesar Rp10.923.074.000, ungkap Matsoleh, diperuntukan bagi Pendidikan Anak Usia Dini, SD, dan SMP. Rinciannya, Rp471.708.000 untuk PAUD, Rp8.254.265.000 untuk SD, dan Rp2.197.101.000 untuk SMP.

Menurutnya, ditahun ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya, tahun sebelumnya sistem pekerjaan proyek-proyek DAK dibidang pendidikan sistem swakelola namun di tahun ini sistem kontraktual.

"Semua sekarang kontraktual sistem lelang, mengikuti sesuai dengan aturan pepres 123 line kontraktual,"kata dia.

Dapat Kucuran DAK 10,9 Milyar, Disdikbud Lampura Akan Lakukan Lelang


Sementara ditempat yang sama, kasi pengembangan kelembagaan sarana dan prasarana bidang sekolah dasar, Edyson ST.,MT sekaligus PPTK kegiatan fisik DAK tahun anggaran 2021, mengungkapkan, bahwa untuk lelang pekerjaan proyek DAK tersebut, akan selesaikan perencanaannya.

"Mungkin dipertengahan bulan tujuh nanti akan diadakan lelangnya,"kata dia.

Dijelaskannya, untuk sekolah yang mendapatkan bantuan DAK tersebut itu sudah ada datanya dan sudah diketahui siapa saja yang bakal dapat bantuan DAK itu.

"Bantuan DAK dibidang fisik tersebut , untuk rehab ruang kelas, pembangunan ruang laboratorium, dan pembangunan ruang perpustakaan. Maupun pengadaan sarana dan prasarana," ujardia.

Edyson menghimbau, para kepala sekolah agar nantinya dapat proaktif dalam hal pembangunan disekolahnya. "Karna pembangunan ini tidak bisa diselesaikan dengan orang dinas ataupun kontraktual. Karna semua element harus bekerjasama,"pungkasnya. (ADV)

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar