Header Ads Widget

Keberangkatan Calon Haji Ditunda, CHJ Dapat Ambil Dana Yang Telah Disetorkan

Keberangkatan Calon Haji Ditunda, CHJ Dapat Ambil Dana Yang Telah Disetorkan


Gentamerah.com || Bandarlampung - Calon jamaah haji (CJH) Indonesia, termasuk Lampung harus kembali kecewa. Sebab, tahun ini pemerintah memutuskan menunda penyelenggaraan ibadah haji meraka.

Sebelumnya, keputusan sama juga ditempuh pemerintah Indonesia di tahun 2020. Pembatalan kembali penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dibenarkan Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Lampung, H. M. Ansori Fatoni.

"Pelaksanaan haji kembali dibatalkan, karena belum ada keputusan dari Pemerintah Arab Saudi, terkait pelaksanaan ibadah haji tahun ini," ujarnya, dalam konferensi pers di gedung Balai Wartawan, Provinsi Lampung, Selasa (29/6/2021).

Ansori menjelaskan, keputusan pembatalan penyelenggaraan haji dan umrah di tahun 2021 juga sesuai dengan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 660 Tahun 2021, tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaran ibadah haji tahun 1442 Hijriah/2021 M, yang ditandatangani Menag pada Kamis (3/6/2021).

Anshori mengaku bersyukur lantaran tidak ada gejolak di Lampung atas pembatalan penyelenggaraan haji tersebut.  "Alhamdulillah, CJH Lampung bisa menerima keputusan ini," katanya.

Menurutnya, CJH bisa mengambil dana haji yang sudah disetorkan, sesuai SK Menag  yang telah diterbitkan.

"Jadi, bagi yang ingin mengambil dana hajinya, pasti dilayani," janjinya.

Hingga saat ini, kata Ansori,  hanya satu orang CJH yang mengundurkan diri, dengan alasan pindah keluar kota. Sementara CJH lainnya tidak mengambil dananya.

Harapannya, CJH bisa bersabar dengan keputusan tersebut, dan terus bahu-membahu mematuhi protokol kesehatan diera pandemi Covid-19.

"Semoga pandemi ini cepat berlalu, sehingga penyelenggaraan haji bisa kembali normal," pungkasnya.

Laporan :Gian Paqih

Editor : Yana


Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar