Header Ads Widget

Cara Patroli Sat Pol-PP Mesuji Unik, Dapat Meringankan Beban Masyarakat Dimasa PPKM

 

Cara Patroli Sat Pol-PP Mesuji Unik,  Dapat Meringankan Beban Masyarakat Dimasa PPKM

Gentamerah.com || Mesuji - Guna memastikan kepatuhan Masyarakat Kabupaten Mesuji terhadap  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Level 3) jajaran Satuan Polisi Pamong Praja setempat gencar melakukan patrol, demi menegakkan kedisiplinan masyarakat agar patuh terhadap anjuran pemerintah.

Ada yang menarik dari giat patroli para petugas Satpol PP itu, dimana mereka berkeliling dari satu desa, ke desa yang lain tidak hanya untuk memastikan aturan PPKM berjalan dengan baik. Namun, dalam giat Patroli tersebut para penegak perda itu terlihat sibuk membagikan bingkisan untuk masyarakat.

Ketika ditanya terkait aksi anggotanya tersebut, Kepala Satuan (Kasat) Pol-P Kabupaten Mesuji, Drs. Widada Prawira mengatakan kalau pihaknya memang rutin melakukan Patroli untuk mensosialisasikan tentang PPKM, dengan turun langsung ke desa-desa di wilayah Bumi Ragab Begawe Caram itu.

"Ya, satu-persatu rumah penduduk dan Pedagang yang tengah beraktivitas kita hampiri awalnya mereka kaget, namun karena kami datang sambil tersenyum sembari menyapa dengan santun, membuat warga tidak gusar dan tetap tenang. Nah, moment ini kita manfaatkan untuk mengedukasi warga serta memberikan himbauan terkait PPKM dan Protokol kesehatan," jelas Widada, Rabu (18/08/2021).

Dikatakannya, Patroli tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa Patroli PPKM ini bukan bermaksud membatasi Kegiatan masyarakat dalam mencari penghidupan atau nafkah, tetapi memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat itu lah target utamanya.

"Memang kali ini sedikit berbeda, disamping menyampaikan himbauan, anggota Sat Pol-PP juga turut menyerahkan bingkisan berupa paket sembako dan masker kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian kami atas situasi yang melanda negeri hingga kini tak kunjung usai,"imbuhnya.

Dalam Patroli PPKM yang rutin dilaksanakan tersebut Kasat Pol-PP didampingi Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Aparatur (SDA) Afandi dan Wawan Kuswana sebagai Kabid Penegakan Perda serta Tim Patroli dari Sat Pol-PP Kabupaten setempat.

Kabid SDA Afandi menambahkan bahwa Patroli kepatuhan masyarakat dalam penerapan Protokol kesehatan dan pendistribusian sembako antara lain dilaksanakan disejumlah lokasi dikecamatan Rawa Jitu utara yaitu desa Panggung jaya dan desa way puji, dan akan terus dilaksanakan dikecamatan lainnya.

"Ya kegiatan ini akan kita laksanakan dikecamatan-kecamatan lainnya.Kalau ditanya dari mana sumber nya untuk paket sembako tersebut itu dari dana Kita Pribadi sengaja kita sisihkan dari gaji dan tunjangan kita pribadi," tegas Afandi.

Dikatakan Afandi bahwa  masyrakat harus diketuk hatinya  dengan cara dan sikap yang baik oleh petugas agar kesadaran PKKM bisa diterima dengan baik dan tidak menimbulkan keributan dengan masyrakat. Dengan cara tersebut diharapkan bisa memitus mata rantai penyebaran Covid-19 di Mesuji.

"Semoga Dengan pendekatan yang baik,  dapat mengedukasi warga agar benar-benar mematuhi betul urgensi PPKM ini, sehingga dapat menekan penyebaran covid 19 dikabupaten Mesuji dan kita sekarang sudah keluar dari Zona merah dan  kembali di Zona Orange,"pungkasnya. Nara

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar