Atasi Persoalan Blank Spot Area, Kominfo Mesuji Sambangi Kantor Tower Bersama

 

Atasi Persoalan Blank Spot Area, Kominfo Mesuji Sambangi Kantor Tower Bersama

Gentamerah.com || Mesuji-- Guna mengatasi sulitnya jaringan internet atau sinyal telekomunikasi (blank spot area,  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) didampingi Kepala Bidang  Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik (PIKP) menyambangi Kantor Tower Bersama di Kota Bandar Lampung, Jumat (5/11/2021).

Persoalan Blank Spot Area atau susah sinyal memang masih menjadi sebuah kendala yang harus di hadapi masyarakat Mesuji. Untuk itu, hal itu masih menjadi fokus pemikiran yang terus di cari solusinya oleh Dinas Kominfo Kabupaten Mesuji.

Sejak terbentuk pada bulan februari 2021 lalu, blank spot area menjadi topik khusus yang terus di cari solusinya.

Beberapa penelusuran untuk mengatasi masalah ini terus di lakukan tahapan awal adalah dengan turun langsung ke lapangan dan desa untuk mengecek wilayah atau area blank spot area yang ada di desa-desa.

Sampai kini, sebanyak 65 tower yang ada di Mesuji yang tersebar ditujuh kecamatan tidak mampu mengcover permasalahan susah sinyal yang ada di desa. Hasilnya dari 105 desa yang ada di kabupaten mesuji 70 persen desa yang ada disana masih mengalami susah sinyal atau blank spot area.

Hal ini di sampaikan oleh Kadis Kominfo Mesuji melalui Kabid Pengelolaan Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Mesuji, Hendra Kurniawan, S.Kom.

Sebuah terobosan guna mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menyambangi kantor tower bersama group yang ada di Kota Bandar Lampung.

"Kami dari Dinas Kominfo Kabupaten Mesuji bergerak cepat untuk konsen mencari solusi permasalahan ini setelah melaporkan ke pak bupati dan berdasarkan arahan dan petunjuk pak bupati kami langsung bergerak cepat untuk berkoordinasi ke kantor tower bersama group yang ada di Bandar Lampung,"Kata Hendra.

Selain bersilaturahmi dengan pimpinan atau kepala cabang tower bersama group yang ada di Kota Bandar Lampung, kunjungan ini juga merupakan pembahasan lanjutan yang telah kami lakukan di awal dengan melaksanakan kegiatan zoom meeting dan virtual,"Tambahnya.

Masih menurut dia, ada beberapa solusi yang di tawarkan oleh tower bersama group untuk mengatasi masalah blank spot area yang ada di kabupaten mesuji selain dengan penambahan tower yang ada juga beberapa program dan jenis solusi yang paparkan.

"Proposal telah kami ajukan ke pihak tower bersama group yang ada di bandar lampung dan akan di teruskan ke pusat.

Salah satu terobosan yang sudah kami lakukan adalah dengan menerapkan aplikasi E-Signature atau tanda tangan elektronik yang dapat di gunakan seluruh pejabat yang ada di Mesuji dari eselon dua sampai dengan eselon empat,"imbuhnya.

Kabupaten Mesuji merupakan Daerah pertama yang menerapkan dan menggunakan aplikasi ini untuk seluruh pejabatnya. Cukup menggunakan handphone/ponsel pintar, maka proses paraf atau tanda tangan elektronik dapat di lakukan dan masih banyak terobosan dan inovasi lainnya yang akan dilakukan.

Selain ke tower bersama group dan beberapa proveder tower yang ada di Kabupaten Mesuji, rencananya Kominfo Mesuji juga akan mengunjungi kantor Kementerian Kominfo yang ada di Jakarta.

"Hal itu kita lakukan untuk melihat peluang dan program apa saja yang ada di Kementerian yang kiranya dapat di bawa Ke Mesuji. Dinas Kominfo Mesuji merupakan dinas baru pecahan dari dinas perhubungan pada bulan Februari 2021 lalu. Dinas Kominfo berdiri namun di usia yang masih hitungan bulan ini kami berusaha semaksimal mungkin untuk berperan aktif dan berinovasi serta memberikan manfaat keberadaan kami khususnya bagi masyarakat Mesuji,"tandasnya.

Laporan : Andi

Editor : Nara

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar