Implementasikan Program PKBT PAUD-SD, Disdikbud Lampura Bentuk FKKB

 

Implementasikan Program PKBT PAUD-SD, Disdikbud Lampura Bentuk FKKB

Gentamerah.com || Lampung Utara - Salah satu upaya melaksanakan Implementasi Program Kesiapan Bersekolah Transisi (PKBT) PAUD SD di kabupaten Lampung Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat membentuk Forum Komunikasi Kesiapan Bersekolah (FKKB) PAUD SD.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Lampura, Yeni Sulistina menyampaikan, bahwa adanya miskonsepsi dalam pelaksanaan pembelajaran pada PAUD dan SD kelas awal, maka harus dapat diperispkan anak masuk ke jenjang pendidikan dasar secara lebih baik.

"Pperlu menciptakan masa transisi yang baik, dengan menciptakan lingkungan belajar yang selaras antara di satuan PAUD dan SD, dengan penekanan pada pembelajaran kontekstual dengan menggunakan benda konkrit dan menyediakan bahan dan alat main (APE) yang sesuai dengan kearifan local, agar dapat mendukung dalam pengenalan literasi dan numerasi anak," katanya, dalam acara Pembukaan Sosialisasi Program Kerja Kesiapan Bersekolah PAUD SD yang diadakan di GSG DCC Candimas, Kamis, (04/11/2021).

Menurutnya, satu hal yang perlu dipahami bersama bahwa dalam mengimplementasikan program tersebut, ada tiga poin besar yang harus terus dilakukan penyelarasannya. Baik pemahaman tentang kesiapan anak, kesiapan keluarga dan kesiapan sekolah.

Sementara itu, Ketua Forum, Dr. Dwi Supriyanto, MPd mentatakan, bahwa sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Implementasi Program Kesiapan Bersekolah yang dilakukan pada akhir September 2021 yang lalu, FKKB PAUD SD mengadakan kegiatan sosialisasi program kerja kesiapan bersekolah transisi PAUD SD yang bertujuan untuk mensosialisasikan program kerja forum komunikasi.

"Forum Komunikasi PAUD SD merupakan suatu wadah untuk saling berbagi informasi dan melakukan koordinasi tentang bagaimana menciptakan transisi yang baik dari PAUD ke SD, serta untuk menyelaraskan praktik-praktik pembelajaran di SD agar dapat mendukung pembelajaran di PAUD dan sebaliknya," tuturnya.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan tersebut diikuti perwakilan Kepala SD, Guru SD kelas awal dan GTK PAUD dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Utara ini.

"Kegiatan itu juga menghasilkan suatu kesepakatan untuk melakukan penyelarasan pembelajaran secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan akan dibentuknya Forum Komunikasi Kesiapan Bersekolah di tingkat Kecamatan, sehingga semua program kerja yang telah dibuat ditingkat Kabupaten dapat selaras diterapkan oleh semua satuan pendidikan," kata dia.

Laporan (Gian Paqih)

Editor : Seno

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar