Tanamkan Disiplin Kerja, Ini Kebiasaan Unik Sekda Mesuji Dihantar Terbit Mentari

 

Tanamkan Disiplin Kerja, Ini Kebiasaan Unik Sekda Mesuji Dihantar Terbit Mentari

Gentamerah.com || Mesuji - Pagi itu Rabu (3/11/2021), cuaca terlihat cerah, langit biru nampak membentang luas di area komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung.

Waktu mulai menunjukkan pukul 07.30 wib, rutinitas semua orang mulai sibuk untuk melakukan aktifitas sehari-hari, baik petani yang akan berangkat ke sawah/kebun mereka, para siswa yang akan pergi ke sekolah, dan para pegawai Pemda tentunya yang akan berangkat ngantor.

Dibalik hiruk-pikuk kesibukan  masyarakat dalam menjalankan kegiatannya, sosok yang ternyata punya kebiasaan unik sebelum masuk ke kantornya, yang hampir luput dari perhatian publik. Padahal, setiap pagi sebelum jam masuk kantor sosok itu sudah berkeliling di komplek Pemda.

Syamsudin.S.Sos.MM., Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji, memiliki  hobi unik, berpatroli keliling komplek perkantoran Pemda setiap hari kerja, diwaktu pagi hari sebelum beliau masuk ke ruang kerjanya sendiri. Aksinya itu adalah untuk memantau sejauh mana tingkat kedisplinan pegawai, memberikan sufort serta saran dan arahan kepada seluruh ASN di lingkup Pemkab Mesuji agar bekerja dengan baik mendukung segala kebijakan Pemda dan Bupati.

Hal itu dilakukannya bukan tanpa alasan dan tujuan. Pasalnya, Sekda memiliki peran penting dan strategis dalam struktur organisasi tata pemerintahan. Dimana seorang Sekda berperan dalam membantu Kepala Daerah menyusun program kerja dan mengkoordinasikan seluruh satuan kerja.

"Sekda merupakan jabatan karir tertinggi bagi seorang Aparatur Sipil Negara. Selain membantu Kepala Daerah menyusun program pembangunan dan mengkoordinasikan dengan OPD, Seorang Sekda juga wajib menjalankan fungsi pengawasan, terhadap kebijakan, pembinaan administrasi dan pembinaan terhadap ASN serta menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah.

Salah satu tugas pembinaan yang dilakukan oleh seorang Sekda kepada para ASN adalah dengan menumbuhkan kedisplinan dan loyalitas serta inovasi yang dilakukan oleh seluruh ASN di seluruh OPD dilingkup Pemerintahan Kabupaten Mesuji.

Seperti yang dilakukan Sekda pagi ini, dengan mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat. Walaupun hanya beberapa menit Sekda berada disana untuk sekedar melihat, bertegur sapa memberikan Sufort, semangat serta motivasi, saran dan arahan agar BPBD Mesuji sebagai salah satu bagian dari Pemkab Mesuji.

Dtempat tersebut, Sekda  disambut Kepala Pelaksana BPBD Mesuji Sunardi Nyerupa, SE., dan seluruh staf, kepala bidang, serta anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat. Kendati hanya untuk sekedar berbincang, melihat kondisi kantor, melihat kelengkapan fasilitas dan absensi tingkat kehadiran seluruh staf kantor BPBD hari itu. Namun semua itu memberikan kesan tersendiri bagi seisi kantor tersebut, yang menjadi motivasi untuk selalu disiplin dan loyal terhadap pimpinan, siapapun pemimpin nya. NARA SUKARNA

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar