Perpol Keadilan Restoratif Sebagai Konsep Baru, Polres Waykanan Sosialisasi Perpol 08

 

Perpol Keadilan Restoratif Sebagai Konsep Baru, Polres Waykanan Sosialisasi Perpol 08

Gentamerah.com || Waykanan – Proses penegakkan hukum terkadang tidak mampu menyelesaikan konflik yang terjadi ditengah masyarakat, sehingga berdasarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 8 Tahun 2021 menjadi dasar hukum personil dalam menjalankan restoratif justice melalui cara pendekatan.

Guna memberikan pemahaman tersebut Sikum Polres Waykanan mensialisasikan Peraturan Polisi (Perpol) No.08 Tahun 2021 terhadap anggota Polres Waykanan dan jajaran di GSG Pesat Gatra Polres Waykanan, Rabu (01/12/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Kabag SDM Polres Waykanan Kompol Eddy Irsan, para Kasatfung, para Kapolsek Jajaran, Kasiwas, Kasi Propam, anggota Polres Waykanan dan Polsek Jajaran.

Kapolres Waykanan, AKBP Binsar Manurung melalui Kabag SDM, Kompol Eddy menyampaikan Polres Waykanan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Polri Nomor 08 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif.

Menurut Kompol Eddy, bahwa dengan Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif dalam menyelesaikan suatu permasalahan di masyarakat dapat ditangani dengan cepat.

“Langkah hukum pemidanaan sebagai alternatif terakhir dalam proses penyelesaian masalah masyarakat,”Ujar Kompol Eddy.

Peraturan ini, kata Eddy, sebagai upaya meminimalisir tidak lagi proses penegakan hukum yang bisa menjadi pemicu masalah menjadi besar. Dengan pendekatan restoratif suatu masalah bisa diatasi dengan cara musyawarah melalui para tokoh-tokoh setempat.

“Peraturan Polri tentang keadilan restoratif sebagai konsep baru dalam penegakan hukum pidana yang mengakomodir norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat sebagai solusi sekaligus memberikan kepastian hukum.Terutama menjawab perkembangan kebutuhan hukum masyarakat yang memenuhi rasa keadilan semua pihak,” kata dia.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber yakni Kajari Blambangan Umpu Susilo, Hakim Pengadilan Negeri Blambangan Umpu M. Nur Yustitia Nanda lalu Team Bidkum Polda Lampung AKBP I Made Kartika dan Kompol Mujiono.

Laporan : Baiki

Editor : Seno

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar

close