Banjir Hantam Lahan Pertanian & Rumah 12 Desa di RJU Mesuji, Lima Desa Terparah

  

Banjir Hantam Lahan Pertanian & Rumah 12 Desa di RJU Mesuji, Lima Desa Terparah

Gentamerah.com || Mesuji --- Akibat curah hujan tinggi yang terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah di Provinsi Lampung, tak terkecuali di Kabupaten Mesuji, ratusan hektar lahan pertanian, perkebunan dan  kolam ikan serta puluhan rumah penduduk terendam air dengan ketinggian bervariasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji mencatat ada sebanyak 12 desa terdampak banjir,  dari 13 desa yang ada Kecamatan Rawa Jitu Utara.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Sunardi Nyerupa,SE., didampingi 3 kepala bidang (Kabid) dan Anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) yang turun meninjau lokasi terdampak banjir menyebutkan, puluhan rumah warga, serta lahan persawahan, kolam ikan, dan perkebunan warga terendam air dan sudah tidak bisa di manfaatkan.

"Ya, beberapa desa di Kecamatan RJU ini memang  terkena banjir, dan yang terparah diantaranya Desa Sungai Sidang, Sidang Muara Jaya, Desa Telogo Rejo, Desa Bandar Anom dan Desa Panggung Jaya. Banjir menyebabkan beberapa lahan pertanian ( sawah), kolam ikan, dan perkebunan serta beberapa rumah penduduk terendam,"sebutnya, rabu (12/1/2021).

Masih dikatakan Mantan Kepala Dinas PMD itu, bahwa ada beberapa desa lainnya di Kecamatan RJU yang juga  terkena banjir. Sehingga, aktifitas dan akses jalan terganggu karena air juga merendam beberapa ruas jalan kabupaten dan lingkungan. Resiko terburuk yang harus dihadapi para petani adalah mengalami gagal panen.

"Hanya ada satu desa di Kecamatan RJU ini yang tidak terkena banjir karena berada di dataran tinggi. Sedangkan desa lainnya hampir menyeluruh, ada yang permukiman warganya yang terkena banjir ada pula yang hanya areal perkebunan dan persawahan nya saja yang terkena banjir. Kita berharap semoga banjir ini bisa segera surut dan aktifitas masyarakat bisa kembali normal,"pungkasnya.

Laporan : Andi

Editor : Nara

Dilihat 0 kali

Posting Komentar

0 Komentar

close