Headline

Banyak Desa Berpotensi Wisata, HIPMI Lampura Minta Pemkab Lampura Kembangkan Pariwisata

 

Banyak Desa Berpotensi Wisata, HIPMI Lampura Minta Pemkab Lampura Kembangkan Pariwisata

 

Gentamerah.com || Lampung Utara - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) kabupaten Lampung Utara (Lampura) dorong keseriusan Pemerintah dalam membina dan mensupport 'Wisata Lokal’ melalui pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Hal itu di sampaikan Ketua Bidang Wisata HIPMI Lampura, Ade Chandra pada saat acara ajang silaturahmi Bersama Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Utara, di salah satu rumah makan yang ada di Kotabumi, Senin (24/01/2022).

Ade menyebutkan, jika ditarik dari identitas kabupaten Lampung Utara  saat ini belum membuahkan arah perjuangan kemana titik fokusnya. Untuk itu, HIPMI melirik dan merekomendasikan Pemkab Lampung Utara untuk fokus pengembangan dan pembinaan bidang wisata.

"Lampung Utara memiliki jumlah desa yang luar biasa dan memiliki potensi di bidang Wisata Alam sehingga harus dapat dikelola dengan baik,”katanya.

Menurutnya, kondisi desa-desa di kabupaten Lampung Utara sangat minim dukungan dari pemerintah daerah tentang wisata.

"HIPMI minta eksekutif dan legislatif mendukung kemajuan dan kebutuhan Wisata Lokal skala desa Se-kabupaten Lampung Utara,” terangnya.

Ketua Hipmi Lampura, Aldino Fandrie Wirawan Abung mengungkapkan, tahun 2022 seluruh desa yang miliki potensi wisata untuk di akomodir dan dibina dalam pengembangan wisata.

"Lampung Utara sangat butuh tempat wisata dan rekreasi lokal. Salah satu manfaat bila itu terlaksana maka dapat menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Utara, Imam Hanafi mengaku saat ini kondisi Disporapar Lampura sangat minim anggaran.

Ia juga menjelaskan semua kebutuhan wisata adalah anggaran, mulai dari Administrasi, Sosialisasi dan Pelaksanaan.

“Sedangkan anggaran kita di dinas tidak ada kekuatan,"keluhnya.

Laporan : Gian Paqih

Editor : seno

close