Headline

Tiga Raperda Waykanan Disahkan Jadi Raperda, Kabupaten Layak Anak Miliki Dasar Hukum

Tiga Raperda Waykanan Disahkan Jadi Raperda, Kabupaten Layak Anak Miliki Dasar Hukum


Gentamerah.com || Waykanan – Setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Waykanan menyampaikan tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) ke DPRD Waykanan, ke DPRD setempat untuk dilakukan pembahasan, hari ini ketiga Raperda tersebut disahkan menjadi Perda.

Dalam sidang itu Wakil Bupati Way Kanan Drs. Ali Rahman, yang menghadiri sidang tersebut menandatangani  pengesahan Perda, dalam rapat paripurna wakil rakyat setempat, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Waykanan, Rabu (26/1/2022).

Ketiga Raperda yang disahkan tersebut, Raperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, Raperda Tentang Perubahan Atas Perda Kabupaten Way Kanan Nomor 3 Tahun 2014 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada PT. Bank Lampung, dan Raperda tentang Kabupaten Layak Anak.

Wabup Waykanan mengungkapkan, Peraturan Daerah sebagai salah satu Peraturan Perundang – Undangan memiliki landasan Konstitusi dan landasan Yuridis, dengan diaturnya kedudukan Peraturan Daerah dalam Undang-Undang Dasar 1945 dalam pasal 18 ayat 6, yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah berhak menetapkan Peraturan Daerah dan Peraturan – Peraturan lainnya untuk melaksanakan Otonomi Daerah dan tugas pembantuan.

Sebagai Peraturan Perundang – Undangan, Perda memiliki fungsi mewujudkan kepastian hukum, untuk itu penyusunannya harus mengikuti kaidah-kaidah yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang – Undangan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

“Hal ini juga sesuai Undang – Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, telah menempatkan Pemerintah Daerah sebagai ujung tombak Pembangunan Nasional dalam rangka menciptakan kemakmuran rakyat secara adil dan merata,” katanya.

Laporan : Kuntar

Editor : Seno


close