Headline

Dapat Kucuran DD Rp882 Juta, Pemdes Sidang Bandar Anom Bangun LC Dan PKTD

Dapat Kucuran DD Rp882 Juta, Pemdes Sidang Bandar Anom Bangun LC Dan PKTD

Gentamerah.com || Mesuji – Pemerintah Desa Sidang Bandaranom, Kecamatan Rawa Jitu Utara, Mesuji mulai melakukan pembangunan fisik yang anggaran nya bersumber dari  Desa Desa (DD) Tahun 2022. Pada tahun ini desa tersebut, memiliki pagu DD yang bersumber dari pemerintah pusat (APBN) sebesar Rp882.270.000.

Kepala Desa Sidang Bandar Anom Wahyuddin memaparkan, salah satunya yang sudah direaisasikan adalah untuk Pembangunan Line Concret (LC) dan program Nasional Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

"Semenjak adanya program DD ini, kami pemerintah desa merasa sangat terbantu khususnya dalam mewujudkan pembangunan Infrastruktur agar lebih merata untuk kesejahteraan masyarakat. Sebab, menurutnya dengan akses jalan yang baik diseluruh lingkungan desanya  akan sangat membantu kelancaran aktifitas masyarakat mengangkut hasil panen, karena sebagian besar warga kami berprofesi sebagai petani,"Ujarnya.

Wahyuddin menyebutkan, sejak tahun 2020 semenjak adanya Pandemi Covid-19, anggaran DD banyak terserap untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta penanganan Covid-19 dan itu nilainya tidak sedikit. Namun, karena ini program nasional akhirnya pembangunan yang di lakukan sesuai dengan nilai anggaran yang ada.

"Pada awal tahun ini kita ada program percepatan dan itu sudah kita realisasikan yaitu pembangunan LC dan PKTD," jelas Wahyu Rabu (23/03).

Wahyu menjelaskan, untuk Kegiatan Pembangunan Jalan Subace C panjang 440 m x L 2,5 Sumber Dana APBDES Sidang Bandar Anom Tahun Anggaran 2022 dengan Jumlah Anggaran Rp.97.588.000 yang dilaksanakan Swakelola dan terletak di  RT 01 RK 04 desa Bandar Anom.

"Selain itu program percepatan di desa kita yaitu pekerjaan PKTD berupa Normalisasi saluran siring dengan pemberdayaan masyarakat  yang atau dikerjakan oleh masyarakat setempat dengan nilai Rp.11.452.000,," terangnya.

Wahyu menambahkan bahwa desa Bandar Anom tahun 2022 mendapatkan Alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Mesuji sebesar Rp.458.916.074 yang kegunaannya untuk gaji apatur dan lain sebagainya."Yang jelas desa kami akan terus berupaya semaksimal mungkin membangun desa kearah yang lebih baik dengan matuhi aturan yang ada,"ujarnya.

Laporan : Andi S

Editor : Nara


close