Headline

Lantik Kakam, Bupati Waykanan : Kepala Kampung Harus Mampu Kembangkan Potensi

 

Lantik Kakam, Bupati Waykanan : Kepala Kampung Harus Mampu Kembangkan Potensi

Gentamerah.com || Waykanan - Kepala Kampung dituntut untuk mampu memberdayakan sumber daya yang ada, mampu memanfaatkan, mengeksplorasi dan mengelola potensi SDA dan SDM yang dimiliki, sekaligus kreatif serta inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya saat melantik Pj. Kepala Kampung Beringinjaya, Mulyadi, S.E, dan Kepala Kampung Serupa Indah, Sunarno, di Kecamatan Pakuanratu dan kecamatan Rebangtangkas, di Aula TP PKK kabupaten setempat, Kamis (10/03/2022)

Raden Adipati Surya menyampaikan, Pemerintah Kampung dituntut untuk lebih aspiratif, kreatif, inovatid dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi serta kondisi dalam kehidupan masyarakat. Karena Pemerintah Kampung menjadi salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan Otonomi Daerah, dengan demikian keberhasilan penyelenggaraan Otonomi Daerah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepemimpinan Kepala Kampung dalam memimpin Pemerintahan Kampung.

Harapannya, Kepala Kampung, agar membaca dan memahami Perbup Way Kanan Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Kampung, dimana Peraturan ini merupakan penjabatan dari Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Daerah, untuk itu setiap pergantian Perangkat Kampung terlebih dahulu dikonsultasikan secara tertulis kepada Camat, sehingga tidak terjadi permasalahan perdata dari kebijakan yang diambil, dan akan lebih baik jika Kepala Kampung dapat memberdayakan Perangkat Kampung yang ada dan sudah mengabdi serta berpengalaman.

Orang nomor satu di Waykanan itu meminta kepala kampung untuk melaksanakan tugas dengan baik, jujur dan menjaga amanah, sehingga seluruh program yang ada di Kampung dapat berjalan sesuai dengan visi misi Kepala Kampung sebelumnya.

Laporan : Kuntar

Editor : Kancha Raja

close