Headline

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemkab Pesawaran Gulirkan Bantuan Ternak Ayam

 

Tingkatkan Ekonomi Warga, Pemkab Pesawaran Gulirkan Bantuan Ternak Aayam

Laporan : Ali Mubaroq

Gentamerah.com || Pesawaran – Upaya Sejahterakan warganya,  Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus menggulirkan program  kesejateraan bagi masayarakat melalui program Budi Daya ternak Ayam kepada Kelompok  Usahan Bersama (Kube) di beberapa desa yang ada di Kabupaten Andan jejama.

Hal ini di ungkapakan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran Rozak usai membuka  pelatihan dan pembekalan budi daya ternak Ayam tahun 2022  kepada beberapa anggota Kube yang di laksanakan di Aula Kantor setempat ,Jumat (25/03/2022).

"Ya,program ini tujuanya untuk meningkatkan kesejatraan kelompok usahan bersama yakni dengan memberikan bibit ayam kampung supar ukuran 2 bulan sampai 2,5 bulan dengan harapan usaha rumahan ayam kampung super bisa berkembang baik ,"kata Razak..

Menurut Razak bahwa  pemberian bantuan bibit Ayam kampung kepada keube ini akan di realisasikan dalam bulan -bulan ini, namaun pemberian bantuan ini akan di berikan kepada tiga kube percontohan yang ada di tiga desa di masing-masing Kecamatan.

"Untuk percontohan program budi daya Ayam kampung super ini ada tiga desa di masing-masing kecamatan yang akan kita beri bantuan program ini sesuai proposal pengajuan ,"ucapnya.

Dirinya juga menjelasakanbahwa  saat ini pihak Dinas Sosial  saat ini sedang  memberikan pelatihan ternak ayam kepada para peserta Kube yang mendapat bantuan dengan melibatkan dari dinas Perternakan kabupaten Pesawaran selaku pematerinya.

"Dinas Pertenakan kita libatakan untuk memberi pelatihan bagaiman cara teknis  melakukan perawatan ,seperti perawatan kandang dan memberikan vaksin setra teknis lainya ,agar bisa di pahami oleh para anggota Kube ini,"jelasnya.

 

"Kedepanya kalau sudah berhasil maka kita akan tingkatkan lagi dan akan memberikan bantuan kepada kube-kube lainya namun seauai dengan pengajuan proposal yang ada,"tambahnya.

Lebih lanjut Rozak juga menjelaskan bahwa bantuan bibit Ayam kampung  yang akan diberikan kepada tiga kube percontohan ini sebayak 800  Ekor ayam super per kube, dengan ukuran 2 bulan sampai 2.5 bulan.siap jual .

"Jadi dalam satu Kube itu ada 8 orang  anggota nantinya masing-masing orang dapat  bibit ayam kampung dengan umur 2 bulan sampai 2.5 bulan siap jual ,mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa membantu masyarakat  agar bisa lebih saejatera,"pungkasnya

close