Headline

Agar Para Kepsek Paham Juknis BOP Paud dan BOP, Disdikbud Lampura Gelar Sosialiasi

 

Agar Para Kepsek Paham Juknis BOP Paud dan BOP, Disdikbud Lampura Gelar Sosialiasi

Laporan : Gian Paqih

Gentamerah.com || Lampung Utara - Guna memberikan pemahaman petunjuk teknis penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) dan BOP Kesetaraan Tahun Anggaran 2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan gelar sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan seluruh satuan pendidikan penerima BOP PAUD dan BOP Pendidikan Kesetaraan yang berasal dari 23 kecamatan Se-kabupaten Lampung Utara.

Kabid PAUD dan PNF Yeni Sulistina S.Si, M.M mengatakan, sosialisasi DAK Non Fisik BOP PAUD dan BOP Pendidikan Kesetaraan Tahun anggaran 2022 dilakukan di empat lokasi yang berbeda.

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk Pembinaan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terhadap Pengelolaan Penggunaan Anggaran Dana BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan," kata Kabid PAUD dan PNF Yeni Sulistina S.Si, M.M didampingi para Kasi dan staf, mewakili Kadisdikbud Lampur, Drs. Matsoleh, M.Pd, Kamis (14/4/2022).

Tujuannya, kata Yeni agar para Kepala Sekolah selaku penanggungjawab penggunaan dana memahami tentang petunjuk teknis penggunaan Dana BOP PAUD dan BOP Kesetaraan.

"Sehingga dana tersebut dapat digunakan sesuai prinsip, fleksibel, efektif, efisien, akuntabel dan transparan, sebagaimana tertuang dalam Permendikbudristek No 2 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan BOP PAUD Reguler dan BOP PAUD Kinerja, BOS Reguler dan BOS Kinerja, serta BOP Pendidikan Kesetaraan Tahun 2022, yang mulai saat ini ditransfer langsung dr Kementerian Keuangan ke rekening sekolah," kata dia.

Yeni menjelaskan, bahwa dasar penetapan sekolah sebagai penerima bantuan, telah tercantum pada Kepmendikbudristek No. 28/P/2022 tentang Penerima BOP PAUD Reguler, BOS Reguler dan BOP Pendidikan Kesetaraan Tahun 2022 dan dijelaskan juga secara rinci komponen belanja apa saja yang dapat digunakan melalui dana bantuan tersebut.

"Kami berharap, dengan diadakannya sosialisasi ini, para kepala sekolah, bendahara sekolah beserta jajarannya dapat menggunakan dana dengan sebaik baiknya dan tepat sasaran, serta tidak lupa untuk membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan anggarannya," jelas dia.

Kabid PAUD dan PNF menambahkan, bahwa sosialisasi DAK Non Fisik BOP PAUD dan BOP Pendidikan Kesetaraan Tahun anggaran 2022 dilakukan di empat lokasi yang berbeda dan dilakukan selama empat hari berturut-turut.

"Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 14 April 2022 untuk empat lokasi sosialisasi itu di lokasi Aula SMK Negeri 3 Kotabumi Kec. Kotabumi Selatan, Balai Desa Kalibalangan Kec. Abung Selatan, Balai Desa Ciamis Kec. Sungkai Utara dan GSG Desa Sabuk Empat Kec. Abung Kunang, yang diikuti oleh seluruh satuan pendidikan penerima BOP PAUD dan BOP Pendidikan Kesetaraan Tahun anggaran 2022 yang berasal dari 23 Kecamatan Se-kabupaten Lampung Utara," ujarnya.

Editor : Kancha Raja

close