Headline

Antisipasi Penyakit Saat Krisis Air Bersih, Puskesmas Panggungjaya Inspeksi Sanitasi Air

 

Antisipasi Penyakit  Krisis Air Bersih, Puskesmas Panggung Jaya Inspeksi Sanitasi Air

 Lapaoran :andi Sunarya 

Gentamerah.com || Mesuji – Puskesmas Panggungjaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara, Kabupaten Mesuji melaksanakan inspeksi sanitasi sarana air bersih di tujuh desa di wilayah kerja Puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Panggungjaya,  Tego Wiyono, Amd. KL. mengatakan, sasaran inspeksi sanitasi sarana air bersih meliputi sarana air rumah tangga dan sarana air pasilitas umum seperti sarana air sekolah, kantor pemerintahan desa dan pamsimas.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kwalitas air yang sering digunakan masyarakat. Apakah layak atau tidak dikonsumsi bagi masyarakat,"ujar Tego Wiyono, Sabtu(23/04).

Dijelaskannya inspeksi sanitasi sarana air bersih merupakan salah satu tahapan pemeriksaan yang melibatkan tes guna mengetahui seperti apa kwalitas air, sebagai informasi untuk melakukan tidak lanjut dan perbaikan sarana air minum dan sanitasi.

"Dari hasil kegiatan inpeksi, hampir di seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Panggung Jaya memang masih minim air bersih. Baik sarana air fasilitas umum dan sarana air rumah tangga airnya tidak layak untuk diminum atau konsumsi,"ungkapnya.

Pihaknya berencana akan berkoordinasi dengan dinas instansi terkait untuk menentukan alangkah ke depan mengatasi persoalan krisis air bersih khususnya di wilayah Kecamatan Rawa Jitu Utara.

Editor : Nara

close