Headline

DD 16 Desa di Lampura Terancam Hangus, PMD : Limit Pengajuan Sampai Bulan Juni

 

DD 16 Desa di Lampura Terancam Hangus, PMD : Limit Pengajuan Sampai Bulan Juni

Laporan : Gian Paqih

Gentamerah.com || Lampung Utara – Dari 232 desa di Lampung Utara (Lampura), masih 16 Desa  lagi yang belum mengajukan pencairan realisasi dana desa (DD) tahap pertama sebesar 40%. Jika sampai batas waktu yang ditentukan belum mengajukan pencairan DD itu, maka dana desa tersebut akan hangus.

"Ya sampai dengan hari ini, total 173 desa yang sudah terealisasi, 43 Desa masih dalam proses di keuangan untuk melakukan pencairan dana desa tahap pertama.  Sedangkan 16 desa lainnya belum mengajukan berkas adminitrasi pencairan dana desa,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa / Kelurahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lampura, Ismirham Adi Saputra, SIP.,M.M mewakili Kadis PMD Abdurahman, diruang kerjanya, Selasa (5/4/2022).

Ismirham Adi Saputra menjelaskan, bagi desa yang tidak mengajukan hingga batas ditentukan, maka dana desa setempat akan hangus. “Makanya kami minta kepada puluhan desa yang belum mengajukan dana desa tahap pertama tersebut agar segera mengajukannya,” ujarnya.

Menurutnya, pencairan dana desa tahap pertama, ada deadline waktunya, bagi desa yang belum mengusulkan administrasi pencairan dana desa tahun 2022 hingga Juni 2022 mendatang, maka dana desa tersebut akan hangus, dan dipulangkan ke kas negara.

“Bagi desa yang sudah mengusulkan sebelum bulan enam, namun pencairan dana desanya diawal bulan Tujuh, maka masih bisa dicairkan, asalkan saat melakukan pengusulan dibulan enam itu," kata dia.

Jebolan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu mengungkapkan, bagi desa yang dana desa yang sudah melakukan pencairan, agar digunakan sesuai dengan peruntukan.

"Saya berharap, kepada seluruh kepala desa yang ada, yang menjadi usulan pencairan termin pertama dana desa itu gunakan sebagaimana mestinya, baik itu untuk Bantuan Langsung Tunai Dana desa (BLT-DD), ataupun lainnya, sesuai dengan usulan pada tahap pertama pencairan dana desa tahun anggaran 2022," ujarnya.

Editor : Seno

close