Headline

Layanan Maksimal, Puskesmas Sidomulyo Mesuji Beri Pengobatan Penderita ODGJ Door to Door

 

Layanan Maksimal, Puskesmas Sidomulyo Mesuji Beri Pengobatan Penderita ODGJ  Door to Door

 Laporan : Andi Sunarya

Gentamerah.com || Mesuji – Berikan layanan terbaik, Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji Lampung, menggelar Penyuluhan Door to door terhadap penderita orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), Rabu (13/04/2022).

ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan/atau perubahan perilaku yang bermakna. Serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia.

Kepala Puskesmas (Kapus) Sidomulyo, Dianawati Amd. Keb. mengaku rutin melakukan penyuluhan terhadap pasien dengan rentang waktu tiga bulan sekali. Untuk pengobatan,  puskesmas setempat memberikan sesuai dengan hasil diagnose. Mengingat ODGJ terbagi menjadi tujuh Cluster gejala dan masing-masing mempunyai cara tersendiri untuk menanganinya.

“Sejauh ini kami menangani delapan  pasien penderita ODGJ, yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas. Alhamdulillah, dua diantaranya sudah mulai ada perubahan, setelah kami rutin memberikan penyuluhan dan juga pengobatan,” ujarnya.

Selain memberikan pengobatan, kata Dianawati, juga memberikan tali asih berupa sembako bagi penderita ODGJ, dengan harapan dapat meringankan beban keluarga dan juga untuk meningkatkan hubungan emosional tenaga Kesehatan dengan keluarga.

Editor : Nara

close