Headline

Sidak ke Sejumlah OPD, Tim GDN Lampura Akan Beri Sanksi Bagi ASN Bolos Kerja

 

Lakukan Sidak ke Sejumlah OPD,  Tim GDN Lampura Akan Beri Sanksi Bagi ASN Bolos Kerja

Laporan : Gian Paqih

Gentamerah.com || Lampung Utara - Memastikan tingkat kedisiplinan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Tim Gerakan Disiplin Nasional (GDN) Kabupaten Lampung Utara rutin melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

Hal itu terlihat saat ini, dari beberapa Tim GDN Lampura salah satu Tim tersebut dipimpin Asisten II Bidang Administrasi Umum, H. Sofyan, S.P., M.M didampingi Sekretaris BKPSDM Dedi Irawan, Seketaris Inspektorat Herty Lenie, menyambangi beberapa OPD.

"Kita hari ini, dalam rangka silahturahim, pasca hari raya idul Fitri 1443 Hijriyah, dan kita ingin mengetahui tingkat kehadiran dari para pegawai yang ada di perangkat-perangkat daerah. Untuk pesan-pesan sudah disampaikan oleh Pak Bupati dan Pak Sekda pada acara coffe morning tadi pagi, kita ingin bersilahturahmi secara langsung," katanya, Senin (9/5/2022).

Sofyan memberikan apresiasi, karena dihari pertama pasca libur panjang, tingkat kehadiran ASN cukup memuaskan.

"Saya berterimakasih kepada perangkat daerah, yang kita jumpai di Disdikbud Lampura maupun Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPPA), tingkat kehadiran cukup 100 persen. Tetapi yang perlu kita catat, bukan hari ini saja, namun untuk hari-hari kedepannya juga.Saya meminta disipilin tetap dipertahankan,” ujarnya.

Untuk kebijakan Work from Home (WFH) yang tak harus bekerja dikantor, kata Sofyan, pemerintah kabupaten setempat belum menerima surat edaran resmi ataupun tertulis.

"Karna kita belum menerima secara tertulis, seperti yang kita lihat dari media sosial, juga  disampaikan bapak Kapolri maupun menpan-RB. Kita berpatokan ada surat ataupun surat edaran resmi yang ditunjukan kepada pemerintah daerah. Kita melihat pemerintah provinsi Lampung, sudah mengeluarkan surat tugas kepada para pejabatnya, untuk melakukan inspeksi mendadak ke beberapa dinas yang ada di provinsi tapi itu sifatnya internal," jelas dia.

Dengan belum adanya edaran resmi, Sofyan  mengungkapkan, mengikuti apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Lampung.

Mantan PJ Sekda itu juga mengungkapkan, jika ditemukan saat sidak tanpa ada keterangan, nantinya maka ada sanksi menanti.

"Jika tidak ada keterangan saat kita lakukan sidak, maka akan diberikan sanksi bagi ASN . karena sebagai pelayan masyarakat, ASN harus mematuhi disipilin PNS sesuai  PP 94 Tahun 2020. Dalam PP itu jelas bagi yang tidak melaksanakan tugas tanpa keterangan, maka mereka akan dikenakan sanksi. Sanksinya mulai teguran ringan, sedang ataupun berat," ujarnya.

Editor : Kan’s

close