Headline

Geliatkan Bidang Keagamaan, Pemprov Lampung Anggarkan Rp11,9 Milyar

 

Geliatkan Bidang Keagamaan, Pemprov Lampung Anggarkan Rp11,9 Milyar

Laporan : Gian Paqih

Gentamerah.com || Lampung Utara -  Guna meningkatkan pembangunan dibidang keagamaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar acara Pengajian bersama Ketua TP-PKK se-Provinsi Lampung,  di Lapangan GOR Sukung Kelapa Tujuh, Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara.

“Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sangat mendukung program dan kebijakan dari Pemerintah Provinsi Lampung,” kata Bupati Lampura, H. Budi Utomo, S.E.,M.M, Selasa, (31/05/2022).

Sambutan Gubernur Lampung,  Arinal Djunaidi yang dibacakan Karo Kesra Setdaprov Lampung, Ria Andari mengatakan,  bahwa Pengajian yang dilaksanakan hari ini memiliki peranan penting sebagai momentum dan sarana untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Pemerintah Provinsi Lampung, juga memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan pembangunan dibidang keagamaan, memperkuat kerukunan hidup antar umat beragama dan menjadikan rumah ibadah dan pondok pesantren sebagai pusat informasi dan pendidikan keagamaan," kata dia.

Selain itu, Dia juga menjelaskan melalui Misi I yaitu Menciptakan Kehidupan yang Religius, Berbudaya, Aman dan Damai dan sesuai dengan janji kerja Gubernur Lampung yaitu Lampung mengaji.

"Maka Pemerintah Provinsi Lampung memfasilitasi pengembangan, pemahaman dan penghafalan Al-Quran dengan menciptakan generasi muda yang religius, generasi penghafal Al-Qur'an untuk kemajuan dan kemaslahatan umat Islam di Provinsi Lampung," terangnya.

Untuk memfasilitasi kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung di bidang keagamaan dan kesejahteraan sosial, Ria Andari menjelaskan, bahwa pada Tahun Anggaran 2022 telah menganggarkan dana hibah yang diperuntukkan bagi  rumah ibadah dan lembaga keagamaan sebesar Rp11.935.000.000 untuk program bantuan sarana prasarana ibadah di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

"Untuk Kabupaten Lampung Utara dana hibah rumah ibadah sebesar seratus lima puluh lima juta rupiah yang diperuntukkan untuk bantuan Masjid, Mushola, TPA," katanya.

Sementara, Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menjelaskan, bahwa pembangunan fisik harus diimbangi dengan pembangunan mental spiritual.

"Untuk itu Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah menempatkan program Keagamaan dan Bina Keluarga sebagai salah satu program prioritas dalam mewujudkan ketahanan keluarga," kata dia.

Menurutnya, Salah satu pelaksanaan pengajian yang digelar menjadi wadah silaturahmi, sekaligus wadah bagi semuanya untuk terus belajar, memperbaiki akidah serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Sehingga apa yang kita dapat dalam pengajian ini dapat kita implementasikan, baik untuk diri kita pribadi, keluarga, maupun masyarakat untuk mewujudkan Provinsi Lampung yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu  juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, yang didampingi Bupati Lampung Utara, kepada 10 anak yatim, 10 kaum dhuafa, dan bagi 2 tempat ibadah yaitu Masjid Al Mukmin sebesar 25 Juta, dan Masjid Al Kausar sebesar 15 Juta.

Hadir dalam pengajian Bupati Lampung Utara (Lampura) Budi Utomo, Ketua TP-PKK Lampung Utara Nur Endah Sulastri, Forkopimda, Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Wakil Ketua II TP-PKK Provinsi Rusdiana Dewi, Jajaran pengurus TP-PKK Provinsi, Ketua MUI Lampung Utara, Ustad Asep Cholis Nur Jamil.

Editor : Kan’s

close