Headline

Jelang Idul Adha, Harga Cabai Rawit di Mesuji Menggila, Rp100 Ribu/Kg

 

Jelang Idul Adha, Harga Cabai Rawit di Mesuji Menggila, Rp100 Ribu/Kg

Laporan : Andi Sunarya

Gentamerah.com || Mesuji - Jelang hari raya Idul Adha harga cabai rawit dan merah kriting di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Mesuji meroket, hingga tembus diharga Rp 100 ribu per kilogramnya.

“Iya harga cabai rawit merah kriting pertanggal 20 juni 2022 mencapai Rp100 ribu per kilogram di Pasar Simpang Pematang. Kemudian di pasar KTM Kecamatan Mesuji Timur Mencapai Rp 90 Ribu perkilogram, sedangkan di pasar Panca Warna Kecamatan Way Serdang  mencapai Rp 85 ribu perkilogram nya,” kata Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, Arif Arianto, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, salah satu penyebab mahalnya harga cabai rawit dipasaran, karena stok yang menipis, tetapi  permintaan tetap tinggi.

"Jadi hasil pengecekan kita dilapangan, karena persediaan yang menipis, sedangkan kebutuhan tetap tinggi, terutama untuk cabai rawit," katanya.

Naiknya harga cabai tersebut juga diakui Ayu, salah satu pedagang sayuran di Pasar Simpang Pematang.

Akibatnya tingginya harga cabai Rawit tersebut menjadi keluhan tersenidir bagi ibu rumah tangga, salah satunya Kinah. Dengan kenaikan harga sejumlah bahan pokok, membuatnya pusing membagi keuangan untuk kebutuhan rumah.

"Uang Rp100.000 saat ini tidak ada artinya lagi untuk dibawa belanja ke pasar, sebab harga cabai aja 100 ribu perkilogramnya belum untuk kebutuhan yang lain. Untuk itu, saya terpaksa harus  pandai-pandai membelanjakan uang agar bisa cukup untuk membeli kebutuhan pokok," keluh ibu empat anak ini.

Editor : Nara

close